Loading...

Social Icons


Betina RR51

Adalah anakan dari betina NSLT-15 yang berhasil di T.O pada bulan november setelah berbulan2 menunggu indent dari penangkaran RRBF. Menurut catatan Om Didik lahirnya tanggal 18 September 2011 berjenis kelamin betina, bodi sedang, kaki pituh, ekor lumayan panjang setelah mabung pertama dan suara crecetannya sangat istimewa sekali. Saat ini RR51 sudah mulai dijodohkan dengan salah satu pejantan yang juga memiliki kriteria yang cukup bagus kalo dilihat dari ciri fisiknya bodi lebih besar, warna kaki hitam pekat, ekor lumayan panjang agak kaku, voulme keras tapi belum pernah prestasi. Start at 5.30 pm, 9 dec 12 udah mulai disatukan dalam sangkar gantung untuk memulai penjodohan (mengikuti saran para senior breeder MB) ketika ditangkap untuk dipindahkan ke kandang penjodohan betina ini sangat agresif menggigit tangan meronta2 dan sambil menyuarakan bunyi crecetan yang sangat keras. Sebetulnya sampai seusia sekarng ini bunyinya masih jarang2.. menurut breeder betina seusianya harus udah produktif. Setelah diamati selama 1 bulan ini RR51 ternyata belum bisa birahi, masih selalu mengejar pejantan ketika akan mendekat. Tetapi saat ini udah lewat dari masa kritis karena pejantan udah sering mengalah dan tidak menyerang si betina seperti saat minggu2 pertama masa awal penjodohan. 

Ada beberapa saran dari para senior breeder mengajurkan untuk dipisah sementara dengan tujuan mengkondisikan keduanya agar bisa birahi secara bersamaan. Sepertinya perlu dicoba dulu.

Malem2 seperti biasa pulang nguli...sebelum melakukan aktifitas lain nengokin si MB ehhh ternyata lagi nongkrong di didasar kandang. Setelah diperhatikan ternyata kakinya agak sedikit pincang dipastikan penyebabnya akibat terus2an mengejar si jantan dan mungkin kakinya keselip ruji sangkar. Mulai jam 9 malam 11 jan 13 langsung dievakuasi dan ditempatkan secara terpisah. Rencananya akan dikondisikan selama 1 minggu kedepan dan kembali untuk dipertemukan kembali.

Ini penampakan betina RR51 saat ini sedang dalam pantauan dan pemberian EF yang cukup supaya sesuai dengan yang diharapkan. Mandi sendiri dicepuk dan jemur setiap hari yang udah disetting supaya sinar matahari pagi bisa masuk (maklum didalam ruangan). 



Setelah dilakukan pemisahan antara pejantan dan betina nya selama dua minggu si pejantan malah mulai memasuki masa mabung ada beberapa helai bulu sayap yang sudah mulai berjatuhan mudah2an setelah mabung kedua kali dirumah barunya akan semakin bagus baik mental maupun isiannya. Selamat menunggu tiga bulan kedepan deh...(start 31 jan'13).

RR46:

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment