Loading...

Social Icons


Bisakah EF mendongkrak bertambahnya panjang ekor MB

Pada postingan kali ini adalah sebagai catatan perkembangan RR46 selama mabung ke dua. Awal desember 2012 dimulai dengan jatuhnya sehalai bulu sayap ternyata burung sudah memasuki masa mabung seperti biasa dua atau tiga minggu sebelumnya burung tidak seperti biasanya ditandai dengan mulai kurang gacor. Hari kedua sejak pertama kali bulu sayap jatuh beberapa bulu sayap mulai banyak yang jatuh malah bulu2 kecil bulai ambrol pada minggu kedua dan pada minggu keempat bulu ekor satu per satu udah mulai jatuh dua helai tetapi bukan ekor yang terpanjang. Saat ini dibulan kedua lagi dorong ekor tetapi masih ada beberapa helai bulu sayap yang masih jatuh.
Ini penampakan pertumbuhan ekor selama dua minggu.
Fase awal saat masa mabung burung mulai di krodong dan EF udah mulai diatur dan pada minggu pertama EF JK distop dan diperbanyak di kroto nya. Vitamin yang dikonsumsi selama masa mabung menggunakan vitamin yang mengandung amino dan ada penambahan EF yang jarang sekali dikonsumsi yaitu cacing. Cukup banyak sekali konsumsi perharinya bisa sampai 8 ekor. Menurut sebuah artikel yang menjelaskan bahwa konsumsi cacing lebih dari 20% dari total pakan ransum yang dikonsumsi nya maka akan menyebabkan kelebihan protein, hal ini akan menyebabkan suhu tubuh burung meningkat dalam kurun waktu relative lama sehingga menyebabkan rontok bulu. Makanya hasilnya cukup memuaskan dalam satu bulan semua bulu ambrol dan mulai bulan kedua adalah masa pertumbuhan bulu walaupun sesekali masih ada beberapa helai sayap dan bulu halus yang masih jatuh.
Fase pertengahan konsumsi cacing mulai dikurangi sebagai penggantinya EF JK dan kroto yang diperbanyak itu nasihat dari para senior katanya bisa mempercepat pertumbuhan bulu supaya nantinya bulu-bulu nya akan terlihat indah hitam megkilap alias kinclong. Sesekali dikasih minyak ikan dan grit tulang sotong tetapi ada yang lain dari fase ini sebetulnya pengurangan konsumsi cacing ini berjalan dengan sendirinya jadi sebenarnya burungnya sendiri yang tidak mau mengkonsumsi cacing diawal bulan kedua mungkin naluri burung yang merasa sudah tidak begitu memerlukan asupan cacing....hehehe nebak.com.
Fase akhir
Fase jemur

RR46:

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment